Saturday 16 December 2017

[160329][N] Meditasi adalah Cara untuk Benar-benar Berpikir

Salah satu aspek meditasi/samadi adalah mengamati. Sikap diam dalam hening memungkinkan untuk dapat "melihat", "mendengar", "merasakan" hal-hal yang "terlewatkan" dari pengamatan sehingga "menyadari" keberadaannya. Sikap "hening" membuat diri bebas dari letupan-letupan emosional yang menghalangi melihat berbagai aspek yang ada pada setiap halnya.

Seringkali orang hanya berpikir pendek oleh karena dorongan emosionalnya sehingga lebih terfokus pada pikiran negatif yang terlintas seiring dengan letupan emosionalnya sehingga mengabaikan hal-hal positif yang ada pada setiap halnya yang membuatnya merasa hidup ini terasa berat, serba kurang dan dirasakan sebagai penderitaan.  Orang lebih banyak menderita oleh karena menjadi korban dari pikiran negatifnya sendiri.

Sikap meditatif memungkinkan orang "melihat dan menyadari" lebih jauh sehingga mampu menikmati hidup ini yang begitu berlimpah. Sikap meditatif adalah sikap "mendengarkan bisikan Tuhan" sehingga lebih siap menjalani hidup bersama Tuhan menciptakan pengalaman hidup melalui setiap kreativitas indah yang dibagikan. Itulah mengapa mereka yang rutin melakukan meditasi/samadi disebut orang-orang yang benar-benar berpikir. 

Sikap diam dalam hening memungkinkan untuk dapat "melihat", "mendengar", "merasakan" hal-hal yang "terlewatkan" dari pengamatan sehingga "menyadari" keberadaannya.

...((( <3 )))...

Sony H Waluyo, 29 Maret 2016
Translation Services
sonyhwaluyo@gmail.com


No comments:

Post a Comment