Friday 22 December 2017

[171223][A] Zona Nyaman vs Perubahan


Zona nyaman memang membuat manusia betah berlama-lama diam dalam suatu keadaan. Keadaan menjadi stagnan tanpa perubahan. Mereka yang menikmati keuntungan dari suatu keadaan cenderung berusaha mempertahankan zona nyamannya.

Kehidupan korup dengan memanfaatkan jabatan, kedudukan, kekuasaan dan uang merupakan keadaan yang sudah berlangsung ribuan tahun di bumi. Ketimpangan ekonomi dan sosial, penindasan menjadi kisah panjang kemanusiaan yang terus dipertahankan sebab menguntungkan mereka yang disebut para elit.

Namun kehidupan mulai berubah sebagaimana apa yang disebut disruption akhir-akhir ini. Pergeseran terjadi di berbagai bidang yang meliputi politik, ekonomi dan keagamaan. Pengetahuan meningkat yang membuat manusia mulai melihat dan menyadari keadaannya. Perubahan demi perubahan terjadi seiring dengan terobosan-terobosan menciptakan wajah baru kehidupan.

Sebagian orang kebingungan dengan kondisi ini dan merasa kenyamanannya terganggu. Mereka berusaha mempertahankan mati-matian sementara pertanyaan-pertanyaan kritis terus mengemuka terhadap praktek politik, ekonomi dan keagamaan. Ketimpangan-ketimpangan dan ketidakadilan yang menciptakan penderitaan mendapatkan tantangan nyata dan terus-menerus diungkap, dibersihkan dan dibenahi. Kenyamanan yang menciptakan ketidaknyamanan bagi pihak lain tergusur dengan pasti.

Ini menjadi perenungan dan tak perlu dikhawatirkan sebab kehidupan bumi tengah diperbarui secara masif. Tantangannya adalah apakah kita siap untuk berubah dengan terus-menerus memperbarui sikap dan perilaku sementara situasi terus mendorong perubahan sehingga hidup benar-benar hidup dan tumbuh bersama dengan perubahan-perubahan tiada henti.

Kreativitas adalah cara baru yang akan mewarnai kehidupan di bumi yang baru.

...((( <3 )))...

Sony H Waluyo
Translation Services
sonyhwaluyo@gmail.com


No comments:

Post a Comment