Monday 7 May 2012

[120508][Puisi] Alam Memanggil Jiwa Berkreasi Seni Keindahan


Sony H. Waluyo, 8 Mei 2012

Jalan menuruni bukit seakan tiada habisnya
seolah setiap kelokan menahanku lebih lama
mencapai ujung jalan yang melandai
yang juga menahan aku untuk tak meluncur deras
di antara lalu lintas padat dalam antrian
kendaraan yang berpapasanpun tak beri ruang
untuk dapat  mendahului kendaraan di depan

Jalan berbukit ini mungkin terasa melelahkan untuk dilalui
namun ia juga menawarkan keelokan alam tiada tara
kesegaran udaranyapun sering membuat orang untuk berhenti sejenak
menepi dan menikmati bentangan alam nan rupawan
memanggil hati untuk mensyukurinya sebagai anugerah
sambil melepaskan semua kepenatan hidup
membesarkan jiwa yang merasakan kemegahan alam

Aku terdiam dalam hening menerima semua ini
jalan yang sama yang tengah aku lalui
dapat menerima penilaian dalam cara bertolak belakang
yang terasa membuatku letih jika aku terburu-buru
namun sekaligus sangat menghiburku saat aku menikmati
sebagai berkah keindahan yang mengiringi perjalananku
semuanya begitu tergantung pada cara berpikirku

Kini aku bisa melihat lebih terperinci lagi
kembang-kembang dari rumput liar yang menghiasi tepian jalan
juga pepohonan yang tengah berbuah dengan lebatnya
yang hanya bisa kunikmati jika aku tak terburu-buru
sehingga tampak bagiku bahwa alam ini sesungguhnya netral
dalam menawarkan keindahannya tanpa praduga
dimana aku bisa memandangnya sebagai kanvas kehidupanku

Aku hanyalah bagian dari semua ini
alam yang mengajarkan tentang bagaimana kehidupan dibangun
yang ditumbuhi beragam tanaman dengan bunga dan buahnya
memanggil diriku untuk melakukan hal yang sama
sehingga dunia ini semakin indah dengan perilaku bercita rasa seni
yang dihasilkan oleh setiap jiwa yang menggunakan energi hidupnya
untuk bersama-sama membangun kehidupan semesta cinta

--  
love&light..^_^.
--

... pd prinsipnya energi alam bersifat "netral" sama persis spt "pisau" juga netral ... shg tergantung pd penggunanya, entah utk kejahatan atau kebaikan... kita mesti rendah hati belajar pd tanaman yg menggunakan energi matahari utk menghasilkan bunga yg elok dan buah yg lezat, shg mestinya karya seni dan keindahan mjd hasil yg kita berikan dlm hidup ini...

Namun scr teknis penjelasan ilmiah memperjelas mengapa ada pemujaan thd dewa matahari yg adalah krn pemujanya kurang memahami penjelasan teknisnya atau orang mengira meditasi matahari dianggap pemujaan. Saya kira bila memahami sistem cakra2 tubuh dg mudah memahami bagaimana energi matahari memasok daya kelistrikan tubuh shg kita memiliki daya hidup utk selalu berkeasi.

==


No comments:

Post a Comment