Friday 11 May 2012

[120512][Puisi] Duri Mawar dan Kelembutan Hati


Sony H. Waluyo, 12 Mei 2012

Mengapa mawar indah itu mesti berduri keras dan tajam
suatu pertanyaan yang mengusik pikirku
yang membawaku pada berbagai pemaknaan
untuk mencari pesan alam yang kadang sulit dipahami
sehingga aku mampu menari bersama alam ini
dalam irama selaras dengan dentingannya

Mawar memang lembut dan harum
yang menarik minat untuk memetiknya
untuk memuaskan keinginan memiliki
sementara bunganya cepat layu jika dipetik
seolah mengajak untuk membiarkannya di tangkainya
agar keindahan dan harumnya awet dinikmati

Saat memetik kuntumnya dan terkena duri
aku merasakan sakit dan berseru aduh
namun kuntum mawar itu tetaplah indah
disitu aku mengerti bahwa akulah yang sakit
bukan mawar dengan duri-durinya
ia hanya melindungi dirinya dari perilaku kasar

Duri-duri itu nampaknya melindunginya
dan mengajarkan untuk menanganinya secara cermat
karena keindahan adalah lembut adanya
dan tangan-tangan kasar mudah merusaknya
mawar itu tidak sedang bicara tentang dirinya
melainkan tentang aku untuk berlaku lembut seperti dia adanya

Kini aku lebih memahami bahasa alam ini
bahwa ketika aku berlaku keras dan kasar
serta merta akupun akan berbenturan dengan keras
dan aku sendirilah yang merasakan sakitnya
namun bila aku mampu bersikap lembut
kelembutan dan keindahan alam ini akan aku nikmati

Mawar dan kembang senantiasa memekarkan keindahan
menawarkan keharuman akan indahnya kedamaian
mengetuk hati setiap penikmatnya untuk luluh
merangkaikan setiap getaran kehidupan
menyatu dalam irama simponi semesta cinta
yang membawa setiap benih kehidupan kepada kebahagiaan

--
[http://www.facebook.com/photo.php?fbid=3956991686178&set=a.3865197991393.2166649.1321815697&type=3]
--

love&light.♥.^_^.
--

... Orang yg terbentur benda keras biasanya akan berteriak mengaduh karena kesakitan. Begitu juga makian kemarahan dan perilaku kasar adalah tanda "sakit" dari orang yang menderita sakit...

... Sekarang bisa lihat bunga yang mekar di tempat sampah... sangat indah dan mempercantik lingkungannya... Begitulah tanaman yang hidup dalam pelayanan selalu menampilkan keindahannya dengan memekarkan bunga yang indah...

... Kata-kata dan perilaku serta karya seni keindahan adalah “bunga-bunga kehidupan” yang dihasilkan oleh manusia selama hidupnya...

==


No comments:

Post a Comment