Tuesday 8 May 2012

[120509][NOTE] PENJELASAN TIDAK CUKUP – PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK


Sony H. Waluyo, 9 Mei 2012

Penjelasan seringkali tidak cukup sehingga menjadikan paham. Pengetahuan mendalam tidak didapatkan hanya dari sekedar membaca apalagi sekedar mengimani/percaya. Melalui latihan dan dengan demikian mengalamilah yang akan menuntun seseorang masuk ke dalam pengetahuan itu sendiri dengan cara menyelami misteri itu.

Kata-kata bijaksana hanyalah dorongan yang memotivasi untuk terjun ke dalam pengalaman batin sendiri dan menapaki perjalanan spiritualnya. Itulah mengapa saya banyak menggunakan tokoh utama "aku" dalam puisi-puisi itu yang dimaksudkan agar setiap "aku" masuk ke dalam pengalaman hidup pribadi masing-masing sehingga melalui menyelam dalam pengalaman-pengalamannya sendiri itu "pengetahuan" akan "mekar" dan "bicara" dalam dirinya.

Cara ini akan mendorong setiap pribadi untuk lebih aktif menggali pengalaman pribadi masing-masing dan mampu “menemukan” mutiara-mutiara kehidupannya sendiri sebagai kekayaan hidup yang tak ternilai harganya.

Karena alasan itulah pula mengapa Yesus mengatakan, “Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.” [Yoh. 10:9]. Setiap orang dipanggil untuk masuk ke dalam pengalaman batinnya sendiri karena hanya dengan cara itulah akan mampu menilai sendiri setiap hal yang terjadi dan bukan hanya sekedar percaya melainkan karena mengalami “kebahagiaan hidup” itu sendiri. Dengan mengalami dan mengecap rasa bahagia, orang tidak akan lagi diombang-ambingkan dengan apa kata orang lain, karena pengalaman adalah bukti yang tak terbantahkan.

“Rasa bahagia” hanya bisa dikecap melalui pengalaman dan tidak pernah bisa diuraikan dengan kata-kata.

--
[http://www.facebook.com/photo.php?fbid=3936994226254&set=a.3822493203800.2165928.1321815697&type=3]  
--

love&light.♥.^_^.

==


No comments:

Post a Comment