Thursday 17 May 2012

[120518][Puisi] BEBAS DARI PENJARA PIKIRAN


Sony H. Waluyo, 18 Mei 2012

Ketika aku melihat ke cermin itu
bayangan tubuhku tampak disana
sehingga aku bisa mengenali wajahku yang tergambar
bayangan itu mencerminkan keadaan diriku
sehingga ketika pikiranku galau
dengan jelas terlihat di mimik wajahku

Jika pemoles wajah digunakan
aku tak mengenali bayang di cermin itu sebagai diriku
hanya topeng yang menyembunyikan jati diriku
dan menenggelamkan aku dalam semunya hidup
seolah wajahku bersinar tanda kebahagiaan
yang lebih menyiksaku saat aku memaksa tersenyum

Jika baju dan asesori serta harta ini
bagian dari caraku untuk bisa tersenyum
nampaknya itupun juga hanya bagian dari topeng
yang segera membuatku tenggelam dalam kemuraman
seandainya semua itu lepas dari genggamanku
yang menandakan betapa rapuhnya kepercayaan diriku

Cermin itu mengajarkan kepadaku
bahwa hidupku ini adalah pantulan pikiranku semata
sebagai pikiran bagaimana aku inginkan dunia memandangku
dan aku bisa memandang bagaimana aku terperangkap disana
dalam penjara ilusi yang aku ciptakan sendiri
untuk kebahagiaan semu yang aku kejar-kejar

Jika harta pangkat dan kuasa didapatkan melalui persaingan
dan aku mengikuti cara permainan dunia ini untuk meraihnya
kemiskinan dan penderitaan dari mereka yang tertindas
telah menjadi bagian dari topeng yang aku kenakan
dan semua itu hanyalah membawa kebahagiaan palsu
dimana aku benar-benar akan kehilangan hidupku

Ketika aku menyadari penderitaan yang tertindas
membuat diriku sendiri marah saat mereka memberontak
aku mengenali diriku sebagai bagian dari yang menderita
terlebih saat aku hanya bisa menyalahkan keadaan
dan menyimpannya dalam pikiranku untuk setiap tindakan
yang mengalir dalam irama sama berulang tanpa perubahan

Ketidaksadaranku sendiri ini mengajarkan aku untuk memaklumi
bahwa ketidaktahuan memang tak bisa disalahkan
sebagaimana akupun inginkan kesalahanku dimaafkan
sehingga aku bisa melepaskannya untuk tidak lagi menjadi beban
yang menghantui hidupku dengan semua kepenatan itu
untuk pikiran lebih hening dalam setiap pertimbangan

Dalam setiap keheningan aku bisa alami sendiri
lebih mudah bagiku untuk membaca masalah
dan berbagai jalan keluarpun segera tersedia
untuk dilaksanakan dan mencapai hasil lebih baik
perubahan-perubahan nyata menjadi langkah pertumbuhan
sehingga akupun bisa merasakan bahagianya berkarya

Kini aku bisa melihat keceriaan bayangan di cermin itu
ketika rasa cinta lebih mewarnai gerak hidupku
dimana senyum bahagia bisa hadir dalam setiap karya
sebagai baju dan asesori yang aku kenakan
untuk setiap langkah penuh percaya diri
bersama semua barisan yang menghadirkan dunia damai

--
[http://www.facebook.com/photo.php?fbid=3995674893234&set=a.3965293893728.2167924.1321815697&type=3]
--

love&light.♥.^_^.

--

... penderitaan hanya ada dlm pikiran... yg pertama adalah krn menyimpan dendam (pikiran muter2 disini)... yg kedua, masalah adalah utk diberi solusi (pikiran ngeluh mulu)... bila melepaskan dr dendam dg memaafkan dan siap memberi solusi dijamin akan selalu bahagia... Cinta adalah solusi dan jaminan bahagia...

==


No comments:

Post a Comment