Tuesday 8 May 2012

[120509][Puisi] Tumbuh dalam Cinta


Sony H. Waluyo, 9 Mei 2012

Setiap kali aku memasuki persimpangan jalan
aku menyadari bahwa arah yang kupilih akan membawaku
mencapai ke tempat yang menjadi tujuanku
di antara arah lainnya yang mungkin tetap memiliki kemungkinan
membawaku pada tempat yang sama dengan cara berbeda
dan pengalaman lain yang akan kutemui sepanjang jalan

Ketika arah yang kupilihpun tak selalu lurus
dimana setiap kelokan mewarnai perjalanan
aku bisa memahami bahwa di jalan lainpun demikian
masing-masing jalan memiliki kekhasannya
sehingga yang diperlukan adalah menapaki langkah
sembari menikmati keindahan perjalanan ini

Seringkali pula oleh karena alasan-alasan tertentu
aku memilih jalan lain yang lebih panjang
karena ada tujuan lain yang ingin kudatangi
sehingga aku bisa mencapai beberapa tujuan
dalam satu perjalanan yang mesti aku selesaikan
dan aku merasakannya sebagai indahnya pengalaman

Akupun bisa menggunakan berbagai kendaraan
untuk mengantarkan diriku mencapai tujuan
yang mungkin memberi pengalaman berbeda
serta waktu tempuh yang beragam untuk dinikmati
semuanya hanyalah pilihan yang tersedia untuk digunakan
dengan semua cita rasa yang mewarnai setiap pilihan

Ketika perjalanan hidup ini adalah untuk mencapai bahagia
tujuan itupun akan tercapai bukan dari kendaraan yang aku gunakan
pun juga bukan dari arah yang kupilih untuk kulalui
melainkan bagaimana aku menikmati perjalananku
dengan semua pemandangan yang aku lihat sepanjang jalan
serta caraku menjalani arah yang aku lalui

Jika aku terbawa oleh emosi karena padatnya lalu lintas
atau karena banyaknya orang kurang tertib berlalu lintas
perjalanan itupun tidak lagi menjadi kebahagiaan
sehingga kadang aku malah bertindak ceroboh
yang mengundang pengalaman yang lebih buruk
akupun menjadi lebih letih menjalaninya dan jadi kenangan buruk

Dari ketidaktertiban lalu lintaspun aku bisa banyak belajar
bahwa marah dan mengikuti emosi tidak ada gunanya
karena merekapun lebih percaya pada pikiran mereka sendiri
pergulatan pikiran mereka yang terus bergulir sembari jalan
sebagai pilihan yang diyakini benar untuk mereka jalankan
sebagaimana kulihat orang terlibat dalam perdebatan saat kecelakaan

Perjalanan hidup ini kurasakan seperti menanam bunga
dimana kebahagiaan bukan melulu didapatkan dari mekarnya bunga
melainkan juga dari pemilihan pot yang ditimbang terbaik
meracik media tanam berupa tanah dan pupuk kompos
menyiraminya setiap hari dan melihatnya tumbuh sebagai sentuhan cinta
seluruh proses itu menawarkan keping demi keping kebahagiaan

Maka akupun semakin menikmati hidup ini
sebagai perjalanan pertumbuhan kedewasaan
dimana kesulitan hanyalah bagian dari proses menemukan cara
serta menjadi latar belakang untuk mencapai kebanggaan
ketika setiap solusinya berhasil aku temukan
sebagai bunga-bunga kehidupan yang memekar  dan membahagiakan

Aku percaya bahwa setiap benih kehidupanpun tumbuh dengan cara sama
melalui proses hidup masing-masing untuk memekarkan bunganya
dengan berbagai tantangan yang memacu untuk terus berusaha
menemukan cara-cara terbaik untuk meraih keping-keping bahagia
yang diberdayakan oleh rasa cinta yang menjadi jati diri masing-masing
karena semuanya adalah benih-benih cinta yang tumbuh di ladang kehidupan

--
--

love&light..^_^.

--  

... ketika seseorang ingin mengubah sesamanya maka ia akan melanggar prinsip kebebasan kehendak yang dimiliki setiap orang ... dan Tuhanpun tdk pernah mendesak orang utk berubah... Tuhan hanya memberi kesempatan dan energi utk tumbuh... dan tentunya memaklumi bhw setiap pelajar kehidupan berhak utk mencoba menyelesaikan masalahnya dan mencoba cara2 baru agar mjd ahli kehidupan...

Begitu memahami prinsip itu maka akan lebih mudah utk menyikapi sesama dan ketika bisa memaafkan dan memaklumi maka pikiran akan mjd lebih tenang shg dg segera melihat solusinya... serta maklum dan sabar dlm memberikan motivasi dan dukungan melalui cara2 kreatif bernuansa seni keindahan...

==



No comments:

Post a Comment