Wednesday 13 November 2019

Peran Penting Kaum Ibu Nusantara

Masyarakat yang beradab adalah masyarakat yang menghormati dan melindungi kaum wanita. Kaum wanita akan aman dan selalu terlindungi oleh karena sikap masyarakat yang masing-masing mampu mengendalikan diri sendiri. Kehidupan aman dan damai sebab kesadaran masyarakat sangat tinggi dan menghormati satu sama lain.

Masyarakat dengan budaya primitif belum mampu mengendalikan dirinya sendiri sehingga merasa perlu aturan dan hukum keras untuk mendisiplinkan mereka. Kehidupan tidak aman bagi kaum wanita mereka. Kaum wanita dianggap tidak ada, terbungkus rapat sehingga tidak dikenal dan rawan menjadi korban kejahatan. Kehidupan mereka sangat keras, dalam rasa curiga dan kekhawatiran serta konflik menghantui setiap saat. Gelap.

Bagaimana mungkin suatu masyarakat akan mampu mendidik generasinya menjadi generasi cerdas dan kreatif jika kaum wanita/ibunya dibelenggu, dibuat minder, dianggap batu sandungan dan dihambat kreativitasnya? Pengekangan terhadap kaum wanita akan menciptakan generasi bodoh, sebab mereka yang melahirkan anak, memprogram DNA selama di rahim dan mendidik anak-anak.

Akibatnya tentu saja kemerosotan kecerdasan dan kreativitas serta moral dan mentalitas. Negara-negara yang kaum wanita/ibunya dibelenggu termasuk terbelakang dengan kehidupan keras bahkan peperangan tak berkesudahan. Celakanya mereka tidak sadar bahkan merasa paling benar dengan alasan agama. Jejak radikalisme tercatat dalam sejarah panjang mereka.

Masyarakat/bangsa yang gagal menghargai dan menghormati kaum wanitanya akan kesulitan untuk maju dan berkembang. Mereka akan terjebak pada permasalahan kebodohan dan moralitas yang rendah. Mereka akan mengalami kebuntuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahannya. Semakin kaum wanita mereka ditekan dan dibelenggu maka kemerosotan akan semakin tajam dan di ambang kehancuran.

Dalam tradisi Nusantara, kaum wanita banyak memainkan peran penting bahkan memiliki kisah-kisah para ratu yang berkuasa. Kegiatan-kegiatan spiritual juga banyak melibatkan kaum wanita yang memainkan peran penting di dalamnya seperti sebagai pemain musik, penari, penyanyi, dst. Dalam gladi spiritual kaum wanita juga menjadi dilatih beladiri sebagai teknik untuk mengenal diri sendiri dan potensinya dan selanjutnya mampu melakukan olah tubuh dan pikiran. Kaum wanita juga dilatih untuk mampu bela diri sehingga juga mampu menjadi ibu pelindung dan pendidik para generasi penerus.


Berbagi hal-hal indah dan inspiratif adalah cara aktif untuk mengubah diri dan lingkungan. Monggo untuk share, rahayu sagung dumadi.

Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))... 

No comments:

Post a Comment