Tuesday 26 November 2019

Buat Yang Tidak Ingin Ruwet Dan Rumit

Tak perlu ikut-ikutan jadi ruwet dan rumit dengan cara ini. Pertama, menyebut orang yang beda keyakinan dan beda sesembahan dengan sebutan kafir. Kedua, menyebut orang yang satu keyakinan namun beda pendapat sebagai sesat. Ketiga, menasehati mereka jangan sombong dan merasa paling benar namun ketika beda keyakinan atau beda pendapat mengkategorikannya sebagai kafir atau sesat.

Sikap di atas akan membuat hidup sendiri menjadi ruwet dan rumit sebab hanya akan membuat diri sendiri mudah tersinggung dan merasa terhina dan tentunya tidak akan bahagia sehingga juga bukan jalan dan cara untuk mencapai kebahagiaan.

Bisa perhatikan dari banyak contoh yang ada, mereka yang memberikan label kafir dan sesat kepada sesamanya yang beda keyakinan dan pendapat akan terus-menerus terlibat dalam pertengkaran bahkan permusuhan. Mereka begitu mudah tersinggung, merasa terhina dan selalu curiga; perbedaan pendapat sering dirasakannya sebagai merendahkan dan penghinaan terhadap keyakinannya.

Kenyataannya setiap perubahan maju akan melibatkan perbedaan pendapat dan jalan atau cara baru yang ditempuh. Begitu juga keterampilan didapatkan melalui latihan dan kekeliruan sampai menjadi mahir. Sementara itu keanekaragaman yang indah tersaji oleh karena adanya perbedaan cara.

Contoh nyata ada di Nusantara dengan berbagai suku dan keindahan masing-masing budayanya. Masing-masing memiliki keunikan dan tumbuh sesuai dengan lingkungannya. Masing-masing suku mengembangkan bahasa, kesenian dan ritual sesuai lingkungan unik masing-masing. Semua tumbuh melalui proses yang panjang dan mengakar kuat menjadi jati diri masing-masing sebagai kesadaran kolektif.

Orang Jawa Tengah tidak mengharuskan orang Bali untuk membuat gamelannya sama bentuk, suara dan irama musiknya dengan gamelan Jawa Tengah. Orang Dayak tidak mengharuskan orang Sunda untuk menari dengan cara dan pakaian yang sama. Keindahan Nusantara tersaji dari keanekaragaman seni budaya berbagai suku.

Secara spiritual, Sang Pencipta Keindahan hadir di balik orkestra dan parade seni budaya Nusantara.

Festival Budaya Isen Mulang 2013 [https://www.rmol.id/

§


Berbagi hal-hal indah dan inspiratif adalah cara aktif untuk mengubah diri dan lingkungan. Monggo untuk share dan terima kasih bagi yang bersedia membagikannya untuk semangat kebangkitan Nusantara. Rahayu sagung dumadi.

Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))... 



#Nusantarabangkit #Nusantarajaya

No comments:

Post a Comment