Thursday 27 February 2020

Politik Bertopeng Agama

Ceramah agama yang bermuatan politik artinya adalah politik praktis. Sementara itu tujuan politik adalah bagaimana dapat memegang dan mengendalikan kekuasaan atau merebut kekuasaan. Tema-tema politik lebih bernuansa persaingan dan bukan tentang rasa syukur dan damai.

Ini sekedar suatu sudut pandang yang perlu diverifikasi. Sudah puluhan tahun tema-tema politik menjadi bahan ceramah agama. Ada keanehan dalam hal ini.

Tema yang sering terdengar adalah seperti Israel/Yahudi yang menjadi ancaman, negara yang amat sangat kecil dibandingkan dengan negara-negara muslim. Keanehannya adalah jika berperang Israel yang kecil itu dengan mudah dikalahkan, namun mengapa justru Suriah, Irak dan Yaman yang porak poranda tanpa ada serangan dari negara imut itu?

Negara-negara muslim dan sesamanya agaknya lebih sering bertengkar sendiri dan isu-isu politik ancaman negara kecil itu lebih banyak membangkitkan pertikaian dan saling tuding serta saling serang di antara mereka sendiri.

Ceramah politik di forum keagamaan nampaknya hanya menjadi forum untuk menggalang dukungan dan kekuatan di antara sesama saudara untuk bersaing dan berebut kekuasaan dengan sesama saudara dari kelompok berbeda.

Kepentingan itu mungkin yang membuat munculnya pengerahan massa dengan dalih kelompok lain yang sebenarnya sesama saudara dituding sebagai antek. Kecurigaan dan permusuhan lebih mendominasi daripada gerakan agama untuk menciptakan perdamaian bahkan di antara sesama saudara.

Gerakan yang keras akhirnya berujung pada konflik-konflik yang secara efektif memporak-porandakan banyak negara. Mereka saling menghancurkan sesama saudara dengan keyakinan sedang memperjuangkan agama demi Tuhan. Situasinya menjadi pelik karena kecurigaan lebih mendominasi daripada semangat membangun kerukunan.

Harapannya jika tak ingin kehancuran itu merembet lebih jauh, ceramah-ceramah agama lebih memuat inspirasi membangun kehidupan dan pusat-pusat keagamaan menjadi sumber pengetahuan dan pelatihan kesadaran sebagai dasar penciptaan kreativitas untuk mengisi kehidupan dengan cara-cara damai dan kreatif.

Masyarakat yang damai dan kreatif memiliki kemampuan untuk menghadirkan solusi-solusi kreatif. Dengan cara itu kegiatan keagamaan bisa menjadi pilar dan rujukan bagi umat manusia untuk penciptaan kelimpahan hidup.



§


Inspirasi tidak menghilangkan masalah namun akan menjadikan tekanan masalah sebagai dorongan untuk berpikir kreatif sehingga wawasan mengembang seperti tekanan angin pada ban yang membuat roda kehidupan kita berputar menggelinding.

Klik "Follow" di blog untuk inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.


Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

2 comments:

  1. If you're trying to lose weight then you absolutely have to start following this brand new tailor-made keto meal plan.

    To produce this keto diet service, licensed nutritionists, personal trainers, and professional cooks joined together to develop keto meal plans that are effective, decent, cost-efficient, and enjoyable.

    From their grand opening in 2019, 100's of people have already remodeled their figure and health with the benefits a certified keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-tested ones provided by the keto meal plan.

    ReplyDelete