Tuesday 18 February 2020

Peradaban Tinggi Berbasis Cinta dan Kebijaksanaan

Masyarakat berperadaban tinggi tidak diatur dengan aturan hukum yang terperinci dan rumit. Tingkat kesadaran tinggi membuat masing-masing warganya menempatkan dirinya sendiri pada posisi yang terhormat.

Penyederhanaan aturan dan birokrasi sedang dijalankan di seluruh bumi dan menjadi agenda besar PBB dalam rangka pemerataan dan kesetaraan dalam akses mendapatkan keadilan. Negara-negara dengan birokrasi yang ramping akan memungkinkan tumbuhnya kreativitas kegiatan usaha bagi warganya sehingga mampu menciptakan kehidupan sejahtera.

Basis pola pikir para pemimpin dunia di masa kini dan seterusnya adalah nilai-nilai spiritualitas tinggi yang mengarah pada pelayanan kehidupan bersama, penghapusan praktek-praktek korupsi dan pekerjaan-pekerjaan yang membuka dan memperlancar kesempatan kreativitas. Masyarakat yang kreatif dan terampil menjadi tulang punggung kesejahteraan kehidupan bersama.

Dalam masyarakat berkesadaran tinggi penjara malah kosong dan petugasnya menganggur sehingga banyak penjara ditutup seperti di Belanda. Sementara masyarakat primitif dengan kesadaran rendah aturan hukumnya rumit bahkan aturan hukum sistem kepercayaannya sangat detil terperinci mengatur sampai hal-hal kecil yang berlaku keras dan kejam.

Bisa dicermati bagaimana masyarakat yang menerapkan hukum syariat agama apakah berhasil mengembangkan peradaban maju dan kreatif berinovasi atau malah mengalami banyak perlakuan keras dan pertunjukan penghukuman di tempat umum. Rasa takut tidak mengurangi kejahatan, sebaliknya rasa takut malah mematikan kreativitas karena keberanian bereksperimen dan pemikiran baru ditekan.

Negara-negara yang mencoba memaksakan hukum syariat agama dengan kekerasan malah berujung pada kehancuran.

Peristiwa akhir-akhir ini adalah pembelajaran untuk mendorong meningkatnya kesadaran melalui praktek pengalaman dinamika hidup. Benturan-benturan keras hanya mengingatkan apakah pola pikir dan cara hidup seperti itu akan diteruskan dan lagi dan lagi jatuh ke dalam konflik dan situasi yang sama.



§


Inspirasi tidak menghilangkan masalah namun akan menjadikan tekanan masalah sebagai dorongan untuk berpikir kreatif sehingga wawasan mengembang seperti tekanan angin pada ban yang membuat roda kehidupan kita berputar menggelinding.
Klik "Follow" di blog untuk inspirasi-inspirasi baru.
Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.


Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment