Sunday 23 February 2020

Menep - Mengendapkan Kekeruhan

Air yang keruh tidak akan terlihat isinya, demikian pula jiwa yang keruh tidak dapat melihat dengan jelas. Batin yang menep artinya jiwa telah mengendapkan kekeruhan yang menutupi penglihatannya sehingga semua terlihat jelas. Kesadaran yang bening mampu melihat realita kehidupan yang sesungguhnya.

Kelimpahan dan pesona alam serta potensinya tidak akan terlihat saat pandangan keruh. Jiwa yang emosional dan sibuk dengan berbagai pikiran tentang kekhawatiran dan ketakutan pandangannya keruh sehingga tidak melihat kelimpahan dan peluang yang tersedia, hidup dalam ilusi.

Tanpa sadar seringkali orang membiarkan dirinya lebih banyak mengumpulkan informasi yang bermuatan tentang ancaman dan keadaan yang harus dikhawatirkan dari pada tentang pengetahuan dan inspirasi untuk mengembangkan keterampilannya memanfaatkan peluang yang tersedia.

Jiwa-jiwa yang keruh selanjutnya merasa bahwa mereka harus memperjuangkan kebutuhannya dengan cara meminta dan menuntut pihak lain untuk memenuhinya. Mereka bahkan tidak mampu melihat potensi yang ada di dalam diri mereka sendiri.

Petunjuk-petunjuk telah banyak diberikan, namun syarat untuk dapat belajar dan memahaminya adalah mampu melihat sehingga dapat membaca atau mendengar dan mengamati dengan cermat. Rasa takut dan terancam sering menimbulkan penolakan-penolakan, sementara kegaduhan pikirannya akan membuat gagal mencerna isi petunjuk yang diberikan.

Sikap meditatif adalah sikap untuk selalu menep untuk mengendapkan kekeruhan diri sendiri sehingga memiliki penglihatan dan pandangan yang jelas dan bening. Jiwa yang menep senantiasa siap untuk menjalani kehidupan ini sebagai perayaan syukur dengan tari-tarian suka cita. Kesadaran yang bening mampu menyelaraskan diri dengan dan bersama alam secara kreatif menciptakan keindahan dan kelimpahan.



§

Inspirasi tidak menghilangkan masalah namun akan menjadikan tekanan masalah sebagai dorongan untuk berpikir kreatif sehingga wawasan mengembang seperti tekanan angin pada ban yang membuat roda kehidupan kita berputar menggelinding.

Klik "Follow" di blog untuk inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.


Vibrasi cinta. 


...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment