Thursday 20 February 2020

Pembebasan dari Belenggu Pikiran

Sang pembebas dan penyelamat tidak akan memandu dengan memintamu mengikutinya atau mengangkatmu untuk menyelamatkanmu, melainkan akan mengajakmu berpikir dan menantang kecerdasanmu untuk bangkit sebab jerat yang membelenggumu adalah ketidaktahuan dan pola pikirmu sendiri yang memenjarakan dirimu hidup dalam cara-cara menderita.

Kau hanya akan bebas dan selamat jika kau mampu berpikir mandiri dan mempertimbangkan keputusan-keputusan langkahmu serta mampu mengembangkan kreativitas untuk keluar dari pola pikir dan kebiasaanmu sendiri yang menjeratmu terikat pada pola pikir dan cara hidup yang membuat dirimu jatuh pada penderitaan.

Pengetahuan dan penjelasan-penjelasan tidak dapat diberikan kepada orang yang tidak ingin tahu. Orang hanya akan tahu jika punya keinginan untuk tahu. Sekedar membaca saja tidak cukup, dan hafal juga bukan tanda bahwa sudah tahu.

Orang yang tahu bisa ditandakan dengan dapat menggunakan pengetahuan itu untuk menyelesaikan masalah hidupnya sehingga ia tidak menjadi beban dan merepotkan orang lain. Namun, pengetahuan juga tidak cukup, sebab untuk bisa melakukan sesuatu perlu ketrampilan dan untuk itu perlu banyak latihan.

Selanjutnya, agar hidup tidak membosankan perlu imajinasi agar bisa kreatif menciptakan hal-hal baru. Konsep-konsep dan aturan yang berasal dari ribuan tahun lalu yang hanya dihafal dapat menjebak orang stagnan dalam pola pikir masa lalu.


“Sang pembebas akan mengajakmu berpikir dan menantang kecerdasanmu untuk bangkit sebab jerat yang membelenggumu adalah ketidaktahuan dan pola pikirmu sendiri yang memenjarakan dirimu hidup dalam cara-cara menderita.” 

§


Inspirasi tidak menghilangkan masalah namun akan menjadikan tekanan masalah sebagai dorongan untuk berpikir kreatif sehingga wawasan mengembang seperti tekanan angin pada ban yang membuat roda kehidupan kita berputar menggelinding.

Klik "Follow" di blog untuk inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.


Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment