Tuesday 18 February 2020

Kesadaran Tinggi dan Bahagia

Masyarakat peradaban tinggi memiliki kesadaran bahwa tanggung jawab pribadi adalah kunci untuk hidup damai sejahtera. Penderitaan datang bukan dari orang lain, melainkan dari ketidaktahuannya sendiri sehingga melakukan kekeliruan.

Kesadaran itu membuat mereka lebih fokus mengambil sikap tenang yakni dengan sejenak menyepi memasuki keheningan dan merenung untuk mencermati dan meneliti pengalaman hidupnya. Alih-alih menyalahkan orang lain, mereka mencari tahu apa yang menyebabkan mereka mengambil suatu tindakan dan mempelajari akibatnya sehingga dengan demikian mendapatkan pembelajaran.

Mereka juga menyadari dari pengalaman bahwa tindakan yang diambil atas dasar dorongan emosional biasanya tidak terpikirkan dampaknya. Tindakan seperti itu biasanya cenderung berdampak merugikan diri sendiri, dan kata-kata emosional sering lebih memuat kutukan bagi diri sendiri.

Saat mereka menahan diri untuk tidak menanggapi atau melawan bukanlah berarti mereka lemah melainkan tindakan bijak self defense (pertahanan diri) dengan memposisikan berada pada frekuensi damai dan aman sehingga tidak tersentuh oleh frekuensi kacau. Pihak penyerang akan memukul ruang kosong.

Orang berkesadaran tinggi tahu bahwa dengan tindakan emosional dan perilaku tak bertanggung jawab pada akhirnya hanya akan terjebak dan jatuh sendiri terhantam oleh karmanya (hukum sebab-akibat/tabur-tuai).

Perilaku berbasis cinta lebih menjadi opsi pengambilan keputusan, sebab tindakan yang diambil dilakukan dengan rasa bahagia bukan karena keterpaksaan. Kebahagiaan ini sering sulit dipahami secara teori oleh mereka yang masih emosional yang lebih berhitung untung rugi. Perilaku berbasis cinta hanya mengenal keuntungan menikmati kebahagiaan.



§


Inspirasi tidak menghilangkan masalah namun akan menjadikan tekanan masalah sebagai dorongan untuk berpikir kreatif sehingga wawasan mengembang seperti tekanan angin pada ban yang membuat roda kehidupan kita berputar menggelinding.

Klik "Follow" untuk inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.


Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment