Tuesday 11 February 2020

Pinter Bukan untuk Minteri

Ada satu pesan spiritual Jawa berbunyi "Dadio pinter ananging ojo kanggo minteri" yang artinya jadilah orang pandai tetapi jangan gunakan kepandaian itu untuk mengakali orang lain. 

Pesan itu berarti sudah semestinya belajar terus-menerus agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu mengatasi setiap masalah dengan cara-cara kreatif. Ilmu pengetahuan juga dibagikan kepada sesama agar semua menjadi cerdas dan kreatif. 

"Dadio pinter ananging ojo kanggo minteri" artinya jadilah orang pandai tetapi jangan gunakan kepandaian itu untuk mengakali orang lain. Belajar tiada henti agar berpengetahuan, terampil dan kreatif dalam mengatasi masalah dan pengetahuan dibagikan agar semua menjadi cerdas dan kreatif.
Candi Plaosan – Yogyakarta.

Jika ilmu pengetahuan dibagikan sehingga mencerdaskan semua orang, tentu saja orang yang tumbuh menjadi cerdas mampu membaca situasi, menafsirkan dan menyimpulkan sendiri maka orang yang mampu berpikir mandiri tidak bisa diakali/dipinteri. 

Para guru spiritual seperti Gautama Buddha mengingatkan untuk selalu memverifikasi kebenaran (ehipassiko), bahkan sekalipun itu ucapan dan ajaran darinya perlu diverifikasi agar benar-benar paham. Misinya adalah untuk membuat manusia tumbuh cerdas dengan pengetahuan yang terverifikasi kebenarannya dan bukan untuk minteri. 

Isa/Yesus seperti juga para guru spiritual lainnya banyak mengajar dalam bentuk perumpamaan inspiratif yang berfungsi untuk memicu kecerdasan sehingga semua menjadi cerdas dan cerdik untuk selalu kreatif menghadirkan solusi kreatif. Solusi-solusi kreatif yang disertai dengan kebijaksanaan akan menghasilkan menjadi karya-karya sehingga tercipta kelimpahan. 

Dalam dunia ilmu pengetahuan, perbedaan pendapat dari berbagai sudut pandang adalah hal biasa, setiap saat suatu pengetahuan akan didalami lebih jauh dan bisa jadi suatu pengetahuan dikoreksi atau lebih dilengkapi. Pemahaman manusia tentang kehidupan terus-menerus berkembang sejalan dengan penelitian. 

§

Inspirasi adalah seperti celah lubang untuk melihat dan membuka jalan saat menemui jalan buntu. Klik "Follow" di blog untuk inspirasi-inspirasi baru. 

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi. 


Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment