Monday 11 November 2019

Seni Memancarkan Bahagia

Bahagia adalah tentang "rasa" dan adanya di dalam diri sendiri, memancar keluar dari dalam diri sendiri. Tidak ada pihak luar yang bisa memberikan bahagia, termasuk bahagia surga sekalipun. Tuhan pun tak akan bisa memberikannya sebagai hadiah, sebab bahagia adalah pilihan dan keputusan yang dibuat oleh masing-masing orang. Sikap emosional seseorang akan selalu menghalangi untuk dapat memancarkan rasa bahagia. Maka, yang diperlukan adalah sikap tenang, hening dan damai sehingga rasa bahagia itu dengan leluasa memancar dari dalam diri. 


Sejalan dengan pemahaman mengenai mekanisme bahagia di atas, panduan yang diberikan agar mudah memancarkan rasa bahagia yang pertama adalah bersyukur yang dengan demikian akan mampu melihat sisi positif yang tersedia dan lebih fokus pada peluang yang ada untuk mengambil langkah mengambil peluang itu. 

Panduan selanjutnya adalah membiasakan diri menikmati keindahan baik pemandangan alam maupun berbagi karya seni seperti lukis, pahat, kerajinan, tenun, musik dan tari. Suasana dan lingkungan indah akan memelihara kesadaran berada pada vibrasi tinggi. Ini penting karena pengalaman-pengalaman traumatis sering kali sulit tersembuhkan. Jiwa yang terluka cenderung teringat trauma itu yang otomatis menghalanginya untuk memancarkan bahagia. 

Selanjutnya dengan demikian bisa dipahami bahwa terlibat dalam berbagai latihan dan pengembangan seni budaya merupakan teknik spiritual yang berfungsi sebagai tuntunan untuk mengekspresikan rasa bahagia. Suasana yang tercipta dalam kegiatan-kegiatan mulai dari latihan hingga pentas seni menggerakkan jiwa-jiwa yang terlibat menikmati dan memancarkan rasa bahagianya sepanjang prosesnya.

Saat seseorang menikmati berkarya seni, ia akan merasakan keseluruhan proses itu termasuk kesulitan-kesulitan yang dihadapi sebagai sesuatu yang menantang dan melakukannya dengan rasa bahagia. Kata-kata seperti “indah pada waktunya” adalah pengalaman-pengalaman yang sudah sering dialami sehingga memiliki keyakinan kuat bahwa semua akan maujud menjadi karya indah dan terlibat di dalam proses itu adalah kebahagiaan. Mencahaya bahagia. 


“Kebahagiaan adalah pilihan, bukan suatu hasil. Tidak satu halpun yang akan membuatmu bahagia sampai kau memilih untuk bahagia. Tidak ada orang yang akan membuatmu bahagia sampai kau memutuskan untuk bahagia. Kebahagiaan tidak akan datang menghampirimu. Kebahagiaan hanya bisa muncul dari dalam dirimu.”

~Ralp Marston


Berbagi hal-hal indah dan inspiratif adalah cara aktif untuk mengubah diri dan lingkungan. Monggo untuk share, rahayu sagung dumadi.




Vibrasi cinta. 



...((( 💓 )))... 


No comments:

Post a Comment