Saturday 17 March 2018

Manfaat Musik untuk Kesejahteraan

Ada pihak-pihak yang tidak suka dengan musik sebab musik dapat memerdekakan jiwa dari penjara fisik. Orang-orang yang jiwanya merdeka tidak dapat dikendalikan dan dikuasai sebab memiliki kebebasan untuk berpikir, dapat memilih cara hidupnya sendiri, memiliki kecerdasan tinggi, kreatif dan bijak.

Musik lembut membuat hati tenang dan damai, musik sendu membuat suasana hanyut dalam kesedihan, musik rancak membuat suasana hati gembira dan bersemangat. Warna dan irama musik secara jelas dan nyata mempengaruhi emosi, suasana hati dan pikiran manusia. Pikiran atau kesadaran manusia adalah getaran dan nadanya dapat diselaraskan atau dikalibrasi dengan musik.
“Tuhan adalah suatu frekuensi. Tuning frekuensimu dan tetaplah di frekuensi itu.” 
~Alan Cohen

Di setiap kebudayaan yang maju memiliki peralatan dan jenis musik mereka masing-masing yang adalah bagian dari pengajaran spiritual mereka untuk membentuk pribadi-pribadi dan jiwa-jiwa kreatif dan tangguh. Irama dan getaran musik menyelaraskan getaran pikiran dan berlanjut ke tubuh, membuat harmonis. Itulah mengapa dikatakan bahwa bernyanyi adalah 2 kali berdoa. 
“Kau adalah instrumen Sang Ilahi, yang membentuk Simponi Kosmos selama berada di Bumi.” 
~The Afterlife of Billy Fingers 

Para narapidana di Inggris mendapatkan terapi musik dengan menggunakan gamelan Jawa. Musik gamelan membantu mereka lebih tenang dan damai.

Berikut ini penjelasan manfaat musik, terjemahan teks sebuah video di Science Nature Page:


Musik mengaktifkan area tertentu di otak Anda yang terlibat dalam gerakan, perencanaan, perhatian, pembelajaran dan memori.

Musik juga melepaskan zat kimia di otak Anda yang disebut dopamin yang meningkatkan mood Anda dan mengurangi kecemasan Anda. Dopamin juga mendorong rasa senang, kegembiraan dan motivasi.
“Surga adalah taman yang begitu indah dimana para malaekat menari dan bermain dan canda tawa serta kebahagiaan merupakan alunan musik sepanjang hari.”

Musik meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Musik dapat menciptakan pengalaman emosional positif, yang menyebabkan sekresi hormon penguat kekebalan tubuh. Hal ini memungkinkan pasien yang mengalami cedera otak dapat mengingat kembali kenangan pribadinya.

Musik juga melepaskan rasa sakit. Pasien bedah yang mendengarkan musik sebelum, selama atau setelah prosedur mereka menunjukkan berkurangnya rasa nyeri, kecemasan dan kebutuhan penghilang rasa sakit dan ketika dokter bedah mendengarkan musik favorit mereka teknik bedah dan efisiensi mereka meningkat.

Musik membantu produksi hormon terkait stres yang disebut kortisol. Cortisol meningkatkan penggunaan glukosa otak Anda, sumber energinya yang utama. Kortisol meningkatkan ketersediaan zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Musik yang merangsang rasa rileks juga meningkatkan altruisme pada manusia. Musik yang Anda suka dengarkan membuat Anda lebih baik pada orang lain, dan jika Anda seorang musisi yang suka memainkan alat musik, otak Anda akan menyala secara simetris saat Anda mendengarkan musik, dan area korpus callosum di otak Anda akan bertambah ukurannya yang merupakan area yang menghubungkan belahan otak kiri dan otak kanan.

Musik yang menenangkan dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat membantu orang yang menderita migrain dan sakit kepala kronis. Ini mengurangi intensitas, frekuensi dan lamanya sakit kepala. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik membantu anak-anak penderita epilepsi. Musik mengurangi jumlah kejang pada pasien. Terapi musik dapat mencegah berkembangnya tinnitus kronis.

Musik bisa meningkatkan durasi dan intensitas konsentrasi Anda. Musik dapat secara efektif meningkatkan efisiensi dalam melakukan pekerjaan atau tugas yang bersifat diulang-ulang. Mendengarkan musik klasik sebelum tidur dapat mengurangi masalah tidur. Anak-anak dengan ADHD meningkat kemampuan bidang matematika mereka setelah mendengarkan musik, dan mendengarkan musik selama tes matematika dapat meningkatkan kinerja sebesar 40%.

Terapi musik selama persalinan dapat mengurangi kecemasan dan rasa sakit pasca melahirkan. Musik meningkatkan kepuasan melahirkan dan menurunkan tingkat depresi pasca melahirkan.

Musik sungguh luar biasa!

Lihat videonya di: https://www.facebook.com/ScienceNaturePage/videos/1284891671643088/
Science Nature Page.

No comments:

Post a Comment