Tuesday 3 November 2020

Merdeka Kreatif Berlimpah

Ada pepatah mengatakan "ada banyak jalan menuju Roma". Alam selalu menyediakan berbagai macam cara untuk penyembuhan dan keseimbangan, oleh karena itu jika ada yang memaksakan suatu cara sebagai satu-satunya cara maka perlu dipertanyakan tujuannya apa?

Bukankah itu suatu bentuk kesombongan? Bukankah itu suatu bentuk pengingkaran terhadap kelimpahan alam?

Sementara itu jelas-jelas mereka melakukan pembungkaman terhadap suara-suara kritis yang menunjukkan berbagai alternatif cara dan jalan.

Lihatlah tidak semua mawar berwarna merah. Lihatlah aneka macam bunga dan buah dihasilkan oleh beraneka ragam tanaman dan pepohonan.

Setiap wilayah menumbuhkan aneka tanaman dan pepohonan sesuai kondisi lingkungannya. Tanaman dan pepohonan menyediakan bukan hanya bahan pangan melainkan juga obat-obatan penyembuhan.

Semarak kehidupan lahir bukan dari suatu cara tunggal dan sebaliknya jika suatu cara tunggal dipaksakan akan berarti mematikan aneka keindahan alam ini. Rasa hormat dan penghargaan terhadap daya kreatiflah yang memungkinkan tersedianya kelimpahan.

Kelimpahan alam tersedia bukan ketika ada yang merasa paling tahu dan paling benar dan memaksakan caranya sebagai satu-satunya cara untuk dipatuhi dan wajib dilaksanakan oleh semua orang.

Lihatlah ketika ada sekelompok orang yang memaksakan caranya sebagai satu-satunya yang paling benar. Kehancuranlah yang mereka ciptakan. Amuk masa anarkis yang menghancurkan semua yang telah dibangun secara bertahap dalam waktu bertahun-tahun.

Belajarlah dari sejarah dan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Tak perlu mengulangi cara-cara yang berujung pada kehancuran kembali. Tindakan-tindakan memaksakan suatu cara pada orang lain yang didorong oleh karena rasa takut dan khawatir hanya akan menjebak pada ketidaktahuan dan mengulang-ulang sejarah yang berujung pada kehancuran.

Tumbuhkembangkan selalu sikap-sikap welas asih yang memungkinkan tumbuhnya rasa hormat terhadap sesama dan alam yang selanjutnya akan membawa sikap terbuka untuk menerima beraneka ragam pengetahuan dan pembelajaran untuk memperluas wawasan hidup. Di mata jiwa yang memliliki wawasan luas selalu tersedia berbagai jalan dan solusi kreatif.



§



Setiap bahan bacaan dapat dirasakan vibrasinya yang akan terekam di bawah sadar dan selanjutnya mempengaruhi kondisi mental kejiwaan. Oleh karena itu fokus saja pada inspirasi-inspirasi kreatif yang menanamkan semangat dan vitalitas di bawah sadar dan selanjutnya menggerakkan jiwa dan raga serta pikiran sehat dan penuh vitalitas.

Klik "Follow" di blog untuk berlangganan inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.



Vibrasi cinta. 

...((( ❤ )))...



No comments:

Post a Comment