Monday 17 September 2018

Dosa Kesombongan yang Mematikan

Dosa yang mematikan pertumbuhan adalah kesombongan. Kesombongan ini bukanlah karena mengembangkan pemikiran dan kecerdasan namun sebaliknya karena merasa paling benar.

Seperti nasehat tentang gelas setengah isi setengah kosong agar dapat diisi kembali dengan pengetahuan baru, merasa diri paling benar adalah sikap menutup diri dan tak mau belajar hal-hal baru.

Labelisasi sesat dan kafir adalah bentuk nyata menganggap diri paling benar dan menyingkirkan pihak lain yang dianggap tidak berguna. Dalam prakteknya kekerasan sering digunakan untuk menyingkirkan apa yang dianggap sesat itu sekalipun sebenarnya tidak memahaminya.

Labelisasi sesat dan kafir telah menimbulkan banyak pertengkaran, permusuhan dan peperangan di antara manusia. Kehancuran adalah hasil nyata dari permusuhan dan peperangan. Hasil-hasil peradaban yang telah ditumbuhkan dihancurkan.

Itulah mengapa kesombongan disebut sebagai dosa yang mematikan pertumbuhan. Manusia tidak siap untuk belajar dari satu sama lain untuk mengembangkan peradaban lebih maju.

Permusuhan dan peperangan terus-menerus menenggelamkan manusia dalam kegelapan oleh ketidaktahuan. Manusia tidak menyadari bahwa pertumbuhan dan kemajuan didapatkan dari upaya jatuh bangun melakukan eksperimen dengan berbagai kesalahan sampai berhasil. Manusia sibuk bertengkar melihat kelemahan-kelemahan dari pada melihat sisi keberhasilan yang telah dicapai.

Manusia hanya akan mampu menumbuhkan peradaban maju dan kehidupan yang mensejahterakan saat hidup dalam semangat cinta saling dukung. Kebesaran jiwa manusia ditunjukkan saat siap mengampuni dan mengemong jiwa-jiwa yang sedang bertumbuh.

Dengan sikap itu manusia akan tumbuh semakin cerdas, memiliki wawasan luas dan bijaksana. Kehidupan indah penuh kreativitas akan mewarnai kisah-kisah kehidupan di bumi.

“Menjalani spiritualitas bukan berarti menghindar dari menghadapi saat-saat kegelapan. Menjalani spiritualitas mengajarkan kau menggunakan kegelapan sebagai alat untuk tumbuh.” 


...((( 💓 )))... 


--- 



[Simbol ...((( 💓 )))... ini artinya: semesta ini adalah lautan energi berupa getaran cinta, mereka yang bergetar dalam frekuensi cinta membentuk satu kesatuan melodi indah].

No comments:

Post a Comment