Monday 24 September 2018

Optimis Menjadikan Mampu Memanfaatkan Peluang


Rupiah melemah apakah selalu merugikan? Ternyata tidak. Contoh riilnya dialami oleh Le-bui (Lombok E-bike Builder), pembuat sepeda listrik ini yang produknya banyak diekspor.

Mungkin lalu bertanya, bukankah sebagian komponen kit listriknya diimpor dari China?

Nah, ini yang menarik. China justru sengaja mendevaluasi mata uangnya agar produk industrinya tetap terjangkau oleh konsumen luar negeri di saat sebenarnya mata uangnya menguat. Data ekonomi China terlihat melemah itu di saat penguatan Dollar tidaklah riil sebab kebijakannya mendevaluasi mata uangnya.

Memang bikin ribet analis ekonomi langkah China itu, namun kita bisa banyak belajar dari langkah yang mungkin aneh itu saat di negara kita banyak yang ribut heboh dengan pelemahan Rupiah.

Intinya, kita bisa memilih ikut gaduh atau sebaliknya belajar dari Le-bui dalam menyikapi hal ini sebagai peluang yang menguntungkan. 

 

Harga produk sepeda listrik Le-bui relatif tetap dari sisi rupiah namun menjadi lebih murah bagi konsumen luar negeri dan lebih kompetitif untuk mendapatkan order lebih banyak.

Pelemahan Rupiah adalah peluang yang lebih menjanjikan bagi mereka yang kreatif. Itulah mengapa kebijakan meningkatkan komponen lokal terus ditingkatkan untuk mendukung industri kreatif lokal sehingga mengurangi kebutuhan impor untuk dapat membuat produk kreatif berdaya saing tinggi.

Lihat saja China yang tak terganggu dengan dilemahkannya mata uangnya sebab industri komponennya​ sangat kuat sehingga lebih banyak dipenuhi di dalam negeri dan masyarakatnya telah tumbuh kreatif.


Tak perlu mengeluh dan menghabiskan banyak waktu membaca keluhan dan kritikan. Gunakan lebih banyak waktu untuk mencari inspirasi dan ide kreatif untuk mampu memanfaatkan peluang yang dianggap orang sebagai hal buruk. Baik-buruk itu hanya tergantung pada sikap dan persepsi kita​. Bagi mereka yang optimis dan kreatif, suatu kelemahan akan selalu terlihat celah peluangnya.



Video:
1. https://www.facebook.com/Lebui70/videos/263321134516776/
2. https://www.facebook.com/Lebui70/videos/2181032622222796/

Page Le-bui: https://www.facebook.com/Lebui70/ 

...((( 💓 )))...


No comments:

Post a Comment