Monday 24 September 2018

Petuah Leluhur untuk Menghadapi Hoax

Petuah ampuh dari leluhur: ajining diri gumantung saja kedaling lati - kehormatan diri sendiri tergantung dari kata-kata yang diucapkan/dituliskan".

Membalas hoax/bullying dengan kata-kata kasar, atau menjelek-jelekkan, atau mengumbar aib, atau yang dianggap kelemahan orang lain sesungguhnya tidak membuat diri sendiri lebih berharga, lebih baik, lebih terhormat.

Sebaliknya semua kata-kata kasar yang dimaksudkan untuk menekan dan menjatuhkan orang lain itu justru membuat kehormatan diri sendiri jatuh.

Perlu direnungkan kembali bahwa dukungan banyak teman/orang atau banyaknya "like/suka" atau jumlah massa yang banyak tidak selalu berarti sebuah kehormatan dan pembenar sikap itu.

Sikap kasar mematikan pendar cahaya diri sendiri, aura kita meredup.

Sikap kasar itu membuat tujuan kita untuk pulang ke rumah cahaya dan bergabung kembali dengan keluarga cahaya tidak tercapai.

Oleh karena itu, sikap-sikap kasar, menginjak, merendahkan sesama, siapapun mereka, tidak pernah membawa kita pulang ke rumah cahaya yang sering disebut sebagai kehidupan surga.

Petuah dan ajaran spiritual leluhur sebenarnya sangat lengkap dan aplikatif sampai ke perilaku sehari-hari yang benar-benar berdayaguna untuk membawa kita pulang ke rumah cahaya.

“Pertimbangkan baik-baik mengenai karaktermu dari pada reputasimu, sebab karaktermu adalah yang menentukan siapa dirimu, sementara reputasi adalah semata-mata hanyalah penilaian orang lain tentang dirimu.” 
~ Educate-Inspire-Change

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment