Friday 31 August 2018

Hanya Cahaya Yang Dapat Menyingkirkan Kegelapan

Kau tidak akan bisa menarik orang lain untuk berkawan dan mendukungmu jika kau mengejek, merendahkan dan menyakiti mereka. Mereka justru semakin menjauh dan melawanmu karena dendam yang semakin membara.

Jika negeri ini kacau oleh karena pertengkaran dan permusuhan, siapa yang beruntung? Tentu saja pihak-pihak luar yang kegirangan melihat kepentingan mereka aman tak terusik sebab bahkan tidak diketahui dan disadari. Air keruh mudah ditangkap ikannya. Semua orang hidup dalam kegelapan yang keruh tidak tahu apa-apa yang terjadi dengan hidup mereka.

Sebutan ejekan, hinaan tidak akan membantu membawa negeri ini pada cahaya terang bahkan sebaliknya membawa pada kehancuran struktur bangunan kemasyarakatannya. Mereka yang sakit hati dan marah tidak mampu membaca, melihat dan mencerna karena gelapnya pikiran. Sikap-sikap mengejek itu justru membuat semua tenggelam dalam kebutaan.

Dalam kegelapan oleh karena ujaran kebencian yang terus-menerus mengisi kehidupan sehar-hari, orang tidak tahu mana yang benar-benar berusaha membantu sebab siapapun yang berbeda pendapat akan mereka anggap sebagai musuh dan ancaman. Pemikiran kritis untuk perubahan dianggap sebagai gangguan. Masyarakat tidak siap untuk berubah dan menggunakan cara-cara dan pola pikir baru.

Lihat saja, saat ejek-ejekan itu telah membutakan banyak orang dalam memilih pemimpinnya. Orang tidak melihat prestasi calon pemimpin tetapi mengikuti kemarahannya. Orang-orang yang dipenuhi amarah akan memilih pemimpin yang memenuhi hasratnya memuaskan kemarahan. Hasilnya bisa dilihat orang-orang terus-menerus menikmati mengobral kemarahan bahkan setelah pemilihan pemimpinnya.

Jika ingin hidup dalam damai sejahtera, hanya cara-cara damai yang akan dapat memenuhinya. Jika damai dan sejahtera yang diinginkan, mulailah berbagi dengan sapaan halus, menghormati dan menghargai mereka yang memerlukan rasa damai dan persahabatan.

Cara-cara gelap tidak akan dapat menyingkirkan kegelapan. Kebencian tidak dapat menyingkirkan kebencian; hanya cara-cara cinta yang adalah cahaya yang dapat menyingkirkan kegelapan. Cara-cara cinta adalah berupa rasa hormat, penghargaan, sapaan lembut, uluran tangan, pengetahuan yang akan membuat semua hidup dalam cahaya terang.

Cara-cara gelap tidak akan dapat menyingkirkan kegelapan. Kebencian tidak dapat menyingkirkan kebencian; hanya cara-cara cinta yang adalah cahaya yang dapat menyingkirkan kegelapan. 
~Martin Luther King, Jr 

Cara-cara cinta adalah berupa rasa hormat, penghargaan, sapaan lembut, uluran tangan, pengetahuan yang akan membuat semua hidup dalam cahaya terang.

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment