Thursday 9 August 2018

Katalis Transformasi

Mungkin anda mengeluh sulit, berat dan melelahkan untuk berpikir, namun ketahuilah bahwa orang yang mengajak anda berpikir akan membantu anda untuk mengembangkan diri seluas-luasnya dan mampu terbang tinggi.

Sebaliknya mereka yang hanya sekedar menyenangkan diri anda, bersikap hanya agar diterima oleh anda; mereka akan membuat anda terlena, diam di tempat dan stagnan. Hidup anda hanya begitu-begitu saja mengulang-ulang kebiasaan lama tanpa perubahan. Lebih-lebih jika sikap-sikap yang hanya menyenangkan anda itu membuat anda mendapatkan pembenaran-pembenaran atas apa yang anda anggap benar sehingga memiliki alasan untuk meyakininya sebagai kebenaran mutlak. Sementara itu, mereka yang memaksa anda menerima kata-kata mereka sebagai kebenaran mutlak, mereka menenggelamkan anda di bawah ketiak mereka.

Kesulitan dan tantangan adalah katalis bagi anda untuk melakukan lompatan kesadaran, lompatan quantum, transformasi diri untuk kisah-kisah kehidupan lebih indah membahagiakan. Setiap kali Anda berhasil mengatasi masalah, Anda terus bergerak naik, keterampilan dan kemampuan meningkat. Pengalaman mengatasi masalah memperkokoh kepercayaan diri.

“Kau adalah dunia. Saat kau melakukan transformasi diri, dunia dimana kau hidup juga akan berubah.” 
~ Deepak Chopra 

Selama terbiasa melihat celah dalam setiap persoalan yang dihadapi, keyakinan semakin tumbuh bahwa dalam setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Kecerdasan terus-menerus meningkat dan wawasan semakin diperluas. Kehidupan ini semakin dirasakan adalah sebuah permainan yang hanya perlu kreativitas jika berhadapan dengan masalah.

Kejelian dalam pengamatan terhadap pengalaman-pengalaman akhirnya menuntun pada pemahaman bahwa masalah-masalah yang muncul itu terutama bersumber dari diri sendiri. Semakin mau bertanggung jawab, kebijaksanaan semakin tumbuh dan otomatis masalah-masalah tidak lagi muncul. Hiduppun selanjutnya lebih diisi dengan menikmati kreativitas.

“Dunia yang kita alami saat ini merupakan hasil dari kesadaran kolektif kita bersama, dan jika kita menginginkan sebuah dunia baru, masing-masing dari kita harus mulai mengambil tanggung jawab untuk membantu menciptakannya.” 
~ Rosemary Fillmore 

No comments:

Post a Comment