Sunday 19 April 2020

Distorsi Ajaran

Banyak orang mengaku sebagai pengikut Yesus, namun tidak membaca lengkap dan mencerna sendiri ajaran Yesus sehingga tidak menyadari bahwa ia tidak benar-benar mengenal Yesus, dan sehingga sebenarnya bukan Yesus yang ia ikuti petunjuknya.

Sebagai ilustrasi untuk memudahkan, banyak orang mengklaim sebagai pengikut Muhammad namun sebenarnya yang mereka ikuti adalah Mamah Dede, Ustadz Somad, Zainuddin MZ, Rizieq dst, atau Quraish Shihab, Gus Dur dll. Beda yang didengarkan akan beda pengertian mereka.

Seringkali orang tidak benar-benar membaca dan mempelajari tokoh guru utama dan hanya mendengarkan apa kata orang tentang pengajaran sang guru.

Begitu juga dengan yang mengaku pengikut Yesus, kadang malah marah saat ada pendapat yang berbeda tentang Yesus, sebab tidak benar-benar mengenal ajaran Yesus yang adalah tentang cinta, pengampunan dan kebijaksanaan hidup.

Sedikit mengungkap sejarah, mungkin banyak orang tidak tahu dan tidak menyadari bahwa Paulus tidak pernah menjadi murid langsung Yesus dan sehingga tidak pernah mengenal langsung dan diajar langsung oleh Yesus. Namun pada faktanya Paulus adalah tokoh sentral dalam pengajaran kekristenan, teologi kekristenan dibangun atas dasar tafsir dan pengajaran Paulus. Sementara itu sebaliknya, justru para murid langsung Yesus pengajaran mereka tersingkirkan seperti Injil Thomas, Injil Maria Magdalena dst dinyatakan sebagai sesat atau bidaah.

Para guru spiritual sebenarnya mengajarkan prinsip-prinsip yang sama sebab ajaran mereka berasal dari satu sumber. Inti ajaran mereka adalah tentang cinta dan kebijaksanaan hidup sedangkan istilah, simbol dan variannya akan selalu disesuaikan dengan lingkungan budaya masyarakat dan konteks waktu mereka berkarya.

Verifikasi adalah penting sebab tanpa verifikasi apa yang dianggap benar dan sebagai kebenaran bisa jadi misleading atau telah sedemikian parah terdistorsi. 
 

§ 

Investasi tidak hanya cukup berupa uang tetapi juga inspirasi yang mencerdaskan, membangun rasa damai dan bijaksana untuk mengembangkan keterampilan kreatif sehingga akan memanen hasil-hasil karya kreatif dan kebahagiaan.

Klik "Follow" di blog untuk berlangganan gratis inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.



Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment