Sunday 12 April 2020

Berani dalam Kebenaran

Tak perlu takut dengan mereka yang mengatakan bahwa kata-kata mereka harus dipatuhi terlebih jika mereka menggunakan ancaman. Sesungguhnya mereka hanya ingin kau tunduk pada perintah mereka tanpa kau tahu dan paham dan menjadi pelayan mereka tanpa kau sadari.

Ketakutan itu akan merampas kebebasanmu dan memenjarakan jiwamu dalam kerangkeng mental yang membatasi gerakmu.



Mari renungkan sejenak jika kau harus mengikuti semua kata mereka yang mengklaim paling benar dan menyalahkan pihak lainnya. Ada begitu banyak kelompok dan bahkan di antara mereka sendiri yang saling klaim paling benar dengan memberikan ancaman hukuman jika tidak dipatuhi. Kau akan kebingungan dengan semua itu, ditarik kesana kemari dan diajak memusuhi yang lainnya.

Cobalah sadari bahwa rasa takut bukan alasan dan dasar yang kuat untuk mengambil keputusan dan langkah tepat. Proyeksi hasil yang diakibatkan oleh tindakan akan lebih tepat menjadi dasar setiap keputusan.

Trial-error bukan hal yang aneh, sebab semua cerita sukses juga melewati jatuh bangunnya. Dalam era tehnologi bahkan perubahan sedemikian cepat sehingga suatu tehnologi dengan cepat tergantikan yang baru.

Mereka yang menakut-nakuti hanya menahanmu untuk tidak menganggu permainan dan dominasi yang selama ini mereka kuasai. Ketakutanmu adalah sumber uang bagi mereka.

Sebaliknya, pihak yang menginspirasimu untuk berpikir akan membangkitkan rasa ingin tahumu dan mempertanyakan semua dengan kritis. Keberanianmu akan bangkit untuk terus-menerus menggali pengetahuan dan keterampilan yang membebaskanmu dari ketergantungan sebab kau selalu memiliki solusimu sendiri.

Dalam kesadaranmu yang tinggi kau akan melihat semua permainan itu dengan gamblang. Kau tidak bisa lagi digebrak dan ditakut-takuti sebab permainan dan kebohongan itu begitu nyata terlihat. Hidup dalam ketakutan tentu saja bukan cara untuk menjalani hidup bahagia. Memiliki solusi kreatif dan berani bertindak lebih nyata sebagai jaminan hidup sejahtera.

Lalu jika mereka menanyakan dimana peran Tuhan, kau dengan tegas dan pasti dapat menjawab bahwa Tuhan yang membisikkanmu semua solusi kreatif dan kecerdasan itu. Jiwa yang beriman pada Tuhan bukanlah penakut melainkan pemberani dan pemberi solusi kehidupan.

Petuah leluhur mengatakan: “Sekti tanpa aji-aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake” yang artinya sakti tanpa aji-aji dengan menggunakan kecerdasan yang cerdik, berani menghadapi sendirian, menang dapat mengendalikan situasi dengan kebijaksanaan.


Waspadalah dengan orang-orang yang menggertakmu dengan mengatakan siapa mereka. Singa tidak perlu memberitahumu bahwa ia adalah seekor singa. 

§ 



Investasi tidak hanya cukup berupa uang tetapi juga inspirasi yang mencerdaskan, membangun rasa damai dan bijaksana untuk mengembangkan keterampilan kreatif sehingga akan memanen hasil-hasil karya kreatif dan kebahagiaan.

Klik "Follow" di blog untuk berlangganan gratis inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.


Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

No comments:

Post a Comment