Friday 24 April 2020

Pertumbuhan Spiritual

Pertumbuhan spiritual terjadi saat dalam keheningannya seseorang melihat ada jalan lain yang terbuka bagi dirinya untuk keluar dari pola kebiasaannya yang membuatnya terbentur pada masalah berulang.

Bagi seorang spiritualis, melakukan meditasi/samadi bukanlah lari dari masalah, melainkan adalah saat menghadapi dirinya sendiri. Meditasi adalah saat untuk mengenal dirinya sendiri lebih jauh. Dalam hening ia dapat lebih cermat menyadari pikiran-pikiran yang lalu lalang dan datang pergi sehingga sadar apa yang ia ciptakan dalam hidupnya.

Disitulah ia semakin mengerti bahwa tidak ada persoalan hidup yang bisa ditimpakan sumber masalahnya dari keadaan ataupun orang lain, sebab respon dan reaksinya sendiri yang menentukan apa yang akan dialami olehnya.



Keheningan memberikan kesempatan bagi dirinya untuk lebih cermat mempelajari dan mendapatkan pembelajaran dari pengalaman-pengalaman hidupnya. Ia melihat bahwa pola pikir dan kebiasaannya membawa pada pengulangan masalah dan hanya dapat diselesaikan dengan melakukan tindakan lain.

Meditasi adalah sikap dasar untuk mulai melihat jalan keluar lain yang dapat dilakukan, keluar dari kotak batas-batas cakrawala yang terlihat dalam pandangannya. Kreativitas selanjutnya akan tumbuh subur dan kesadarannya meluas. Hidupnya semakin berwarna dengan sentuhan seni sebab semakin menyadari bahwa misi hidup ini adalah memayu hayuning bawono, sikap yang menjamin hidup dengan cara-cara sejahtera bahagia.

Nusantara di masa lalu tumbuh menjadi bangsa yang memiliki aneka ragam seni budaya adalah karena warganya hidup dengan kesadaran spiritual sedemikian tinggi sehingga sangat kreatif.

 
Pertumbuhan spiritual terpenting tidak berlangsung saat kau sedang duduk meditasi atau beraktivitas di alas yoga. Pertumbuhan spiritual berlangsung di tengah-tengah persoalan – saat kau mengalami frustasi, marah atau takut dan kau melakukan cara-cara lama, namun kemudian tiba-tiba kau menyadari bahwa kau memiliki suatu pilihan lain untuk melakukannya… 

§ 

Investasi tidak hanya cukup berupa uang tetapi juga inspirasi yang mencerdaskan, membangun rasa damai dan bijaksana untuk mengembangkan keterampilan kreatif sehingga akan memanen hasil-hasil karya kreatif dan kebahagiaan.

Klik "Follow" di blog untuk berlangganan gratis inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.



Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete