Saturday 25 April 2020

Membongkar Penjara Mental

Jika semua apa kata orang lain harus diikuti, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan seperti baju apa yang harus dikenakan dst. agar dapat diterima dan dianggap benar, maka aturan-aturan itu akan membentuk jeruji kurungan yang memenjarakan.

Banyak orang yang lupa bahwa mereka tidak tahu segalanya dan perlu dicatat bahwa ketika seseorang merasa dirinya paling benar ia benar-benar lupa bahwa ia tidak tahu segalanya. Ungkapan orang buta menuntun orang buta terjadi saat orang-orang digiring dengan tongkat di bawah klaim-klaim paling benar masuk ke dalam kurungan.

Pada kenyataannya kita tidak akan bisa menuruti apa kata setiap orang dan memuaskan semua pihak, sebab setiap orang memiliki pendapat mereka masing-masing yang sebenarnya juga masih terbatas wawasannya. Bahwa petunjuk dan aturan dari berbagai orang dan kelompok saling berbenturan sehingga menimbulkan konflik adalah bukti nyata keterbatasan wawasan dan tingkat kedalaman pengetahuan.

Konflik antar penganut agama dan bahkan di kalangan internal suatu agama lebih banyak timbul ketika salah satu pihak memaksakan sudut pandangnya terhadap pihak lainnya. Mereka tidak sadar akan kekurangtahuannya namun merasa paling tahu dan mengabaikan esensi dari ajaran semula yang datang dari Sumber Aslinya yang adalah tentang cinta.

Para guru spiritual tidak memberikan perintah atau aturan melainkan kata-kata inspiratif ajaib yang bila direnungkan maknanya justru akan membebaskan diri dari penjara mental itu. Inspirasi cinta dan kebijaksanaan akan bekerja ketika dicerna sehingga esensinya dipahami. Dalam kehidupan dinamis tidak ada satu jawaban tunggal mutlak untuk semua masalah, oleh karena itu kebijaksanaan diperlukan untuk mampu merespon dengan solusi berbeda namun tepat untuk dua orang atau lebih sekalipun memiliki masalah yang sama.

Ketika aturan dogmatis membelenggu dan memenjarakan, inspirasi cinta dan kebijaksanaan memerdekakan jiwa-jiwa dengan kecerdasannya sehingga secara kreatif selalu memiliki solusi mandiri tanpa tergantung pada orang lain sebab dapat mempertimbangkan dan mengambil keputusan secara tepat dari berbagai alternatif solusi yang dapat diproyeksikan dampaknya.

Jiwa-jiwa merdeka yang kreatif ini akan mampu memainkan peran selaku mitra kerja penciptaan kehidupan damai dan indah di bumi. Jiwa-jiwa merdeka mengandalkan cahaya cinta sebagai panduan hidup sehingga mampu mengambil keputusan secara bijaksana dan tentu saja hasilnya adalah kehidupan yang damai dan sejahtera yang disebut kehidupan surga.



§ 

Investasi tidak hanya cukup berupa uang tetapi juga inspirasi yang mencerdaskan, membangun rasa damai dan bijaksana untuk mengembangkan keterampilan kreatif sehingga akan memanen hasil-hasil karya kreatif dan kebahagiaan.

Klik "Follow" di blog untuk berlangganan gratis inspirasi-inspirasi baru.

Monggo untuk share. Rahayu sagung dumadi.



Vibrasi cinta. 

...((( 💓 )))...

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete